Fasilitasi Kemasan

  1. Pengertian kemasan produk secara umum adalah suatu wadah ataupun pembungkus yang memiliki fungsi untuk mencegah ataupun meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk yang dikemas.
  2. Fungsi protektif dalam hal ini berfungsi sebagai sesuatu pelindung ataupun keamanan produk dari berbagai hal yang mampu merusak produk seperti cuaca, proses pengiriman, dll. Kemasan yang melindungi produk mampu mencegah atau meminimalisir adanya kerusakan dan risiko cacar yang mampu merugikan pihak pembeli atau penjual.
  3. Fungsi protektif dalam hal ini berfungsi sebagai sesuatu pelindung ataupun keamanan produk dari berbagai hal yang mampu merusak produk seperti cuaca, proses pengiriman, dll. Kemasan yang melindungi produk mampu mencegah atau meminimalisir adanya kerusakan dan risiko cacar yang mampu merugikan pihak pembeli atau penjual.
  4. Tips Membuat Kemasan yang Menarik.
    • Membuat Desain Kemasan yang Unik Salah satu hal terpenting dalam membentuk kemasan adalah Anda harus mendesain kemasan tersebut secara lebih unik, inovatif, dan juga berbeda dari produk lain. Dengan membuat kemasan yang unik, maka minat masyarakat untuk membeli produk Anda akan meningkat.Contoh sederhananya jika Anda berbelanja di supermarket dan melihat adanya deretan kemasan produk kotak dalam satu rak, lalu Anda melihat ada satu kemasan yang bentuknya bulat. Bisa dipastikan Anda akan penasaran dengan isi yang ada di dalamnya.
    • Desain Kemasan Sesuai Target Market Usahakanlah untuk mendesain kemasan produk sesuai dengan target pasarnya. Jadi, jika target pasar Anda adalah mereka yang baru berusia 5-12 tahun, maka usahakanlah untuk membuat kemasan produk yang ditambahkan dengan tokoh atau gambar kartun yang digemari oleh anak-anak, atau Anda bisa membentuk kemasan tersebut seperti mainan.
    • Membuat Kemasan dengan Beberapa Ukuran Jika produk yang Anda jual adalah produk yang tergolong baru, maka usahakanlah untuk membuat kemasan produk dalam berbagai variasi ukuran, seperti small, medium atau large. Masyarakat akan lebih cenderung untuk membeli kemasan yang lebih kecil dalam membeli produk baru.
    • Mencantumkan Informasi Produk Secara Lengkap Usahakan juga untuk mencantumkan informasi produk di setiap kemasannya. Seperti komposisi produk, jenis, cara konsumsi, hingga tanggal kadaluarsa. Buatlah informasi yang jelas, padat dan singkat.

Perusahaan Yang Sudah Mendapat Fasilitasi Kemasan
No. Nama Perusahaan Nama Pemilik Produk Ukuran Jenis Kemasan Tahun
1 KARYA BERSAMA TETI USMAN STIK RUMPUT LAUT 12 X 20 STANDING POUCH 2021
2 ADILA CAKE CAROLINA HASAN ANEKA KUE KERING 14 X 23 STANDING POUCH 2021
3 MITRA ADRIAN IKHSAN PANADA 14 X 22 STANDING POUCH 2021
4 MERPATI ASI DOMILI ANEKA STIK 16 X 24 STANDING POUCH 2021
5 SOBA PADU MUNING GULA-GULA SOBA 12 X 20 STANDING POUCH 2021
6 GRIYA ABON LIRA IRAWATI FARID MALIK ABON IKAN 14 X 22 STANDING POUCH 2021
7 MOLINGO FATIMA PAKAYA KACANG GOYANG 14 X 22 STANDING POUCH 2021
8 SUWAWA KOPI MUHAMAD AMIR KOPI 14 X 23 STANDING POUCH 2021
9 DAPUR CHEF NILA AMAK ANEKA OLAHAN IKAN 14 X 22 STANDING POUCH 2021
10 HANIEF FATMAH LASINRANG GURAIBA 15 X 23 STANDING POUCH 2021
11 UMMI DECHO DEWI MUSTAPA CAKALANG FUFU 13 X 20 STANDING POUCH 2021
12 FENYSHA GROUP FENI DAUD ABON SAGELA 10 X 15 STANDING POUCH 2021
13 RAHIDA COOKIES DEWI ANEKA CEMILAN 14 X 23 STANDING POUCH 2021
14 FLAMBOYAN SONYA YAHYA ANEKA KERIPIK 16 X 24 STANDING POUCH 2021
15 DAPUR BAROKAH DEWI ABON ACAR IKAN 14 X 22 STANDING POUCH 2021
16 KINAMANG ELISABET STIK KEJU PITA KEJU 18 X 24 STANDING POUCH 2021
17 NEW NORMAL KOPI NURDIN MAINI KOPI PINOGU 12 x 20 STANDING POUCH 2021
18 KOPI PLATINUM ADITYA SOLEMAN KOPI 12 x 20 STANDING POUCH 2021
19 TINELO PUTRI NIKMA TAMUU STIK JAGUNG 14 X 20 STANDING POUCH 2021
20 BIDORI WARDA ABD.AZIZ KRIPIK PISANG ALMOND 14 X 22 STANDING POUCH 2021
21 WIN WIN BAKERY ASWIN LUKUM KUE KERING KERTAS 16 X 24 STANDING POUCH 2021
Aplikasi Terkait